Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

Apa itu insecure?

ddilady.com - Beberapa waktu terakhir ini tuh lagi sering banget aku denger khususnya para wanita merasa insecure. Tapi sebelumnya nih, bagian kalian yang belum tahu insecure itu apa? aku mau coba jelasin sedikit. Jadi insecure adalah keadaan disaat kita merasa nggak nyaman dengan diri sendiri. Merasa ada yang kurang dengan diri sendiri.

Entah insecure karena fisik, materi, atau apapun itu. Tapi sejauh yang aku tahu sih kebanyakan wanita itu insecure masalah fisik. Nggak usah jauh-jauh, aku sendiri pun pernah. Gimana engga, jujur badanku jauh dari body goals yang sering orang-orang bicarakan. Kurus, dagingnya cuma dikit, tulang hampir keliatan, dan masih banyak lagi. Nggak jarang aku mendengar cibiran teman. To the point mereka mengatakan “dari dulu nggak pernah gemuk ya dil, makan yang banyak makanya”. Aku ketawa aja dengernya haha. Ada juga yang bilang “kuruusss bener, nih aku bagi lemakku”. Dia bilang dengan santainya padahal hatiku sakit banget dengernya. Lain lagi “tanganmu kecil banget dil, sampe keliatan nih tulangnya”.

Kata temanku sambil memegang lenganku. Itu baru beberapa perkataan mereka yang aku sebutkan disini. Sebenernya selain itu masih banyak cibiran atau sindiran lain yang aku dapatkan. Gimana aku nggak merasa insecure? Hahaha. Down banget rasanya. Mereka nggak pernah tahu apa aja yang aku lakuin buat naikin berat badan. Buat ngasih bukti ke mereka kalo aku bisa gemuk. Dengan gampangnya mereka bilang kalimat yang bikin aku sakit hati. Awalnya emang biasa aja, aku mikirnya yaa paling bercanda lah. Tapi aku juga manusia biasa. Wanita yang punya perasaan.

Kadang kalo lagi baper apalagi pas masa mens, aku sensitif banget. Kalimat nyakitin itu langsung menusuk hatiku. Sakit banget. Responku ke mereka? Senyum doang. Aku nggak bales apa-apa. Terus aku alihin pembicaraan. Aku tahu mungkin maksud mereka nggak mau nyakitin aku, tapi aku juga punya perasaan. Bahasanya diperhalus dikit kan bisa ya haha. Udah lah lupakan.

Jadiii di artikel kali ini tuh aku mau bahas gimana caranya buat mengontrol perasaan insecure. Jangan sampe perasaan insecure yang berlebihan membuat kita jadi melakukan hal negatif. Kan ada tuh ya saking insecure-nya sampe bunuh diri. Merasa nggak ada orang yang mau menerima dia apa adanya.

Kaya yang ada di dia tuh salah semua. Orang-orang seperti itu udah sakit yang sakit banget pasti. Bahkan udah masuk sakit mental atau mental illness. Sakit mental itu sama bahayanya lho guys sama sakit fisik. So, tolong dijaga ya omongan dan komentarnya, biar nggak nyakitin orang lain hehe. Karena di zaman serba digital sekarang pun cibiran orang jadi lebih meluas.

Ketikan komentar orang di media sosial kita yang negatif juga bisa bikin orang lain insecure. Ini sebenernya juga ngingetin diri sendiri. Karena jujur aku pun kadang pernah ngomong yang bikin sakit hati orang lain. Sekalian aja ya buat yang pernah merasa aku sakiti dengan kata-kataku, aku minta maaf. Semoga kedepannya kita semua lebih baik lagi. Aamiin. Baca juga ceritaku lainnya >>> Ceritaku Memilih Untuk Berhijab


Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

Bagaimana cara menghilangkan insecure?

Sekarang aku pengen berbagi nih sama kalian, gimana sih caraku untuk mengontrol perasaan insecure? Jujur nggak banyak yang aku lakukan. Karena yaa aku menyadari punya segudang kekurangan. Tapi aku juga nggak boleh lupa kalau aku pun punya kelebihan. Nah caraku yang pertama tuh itu. Aku selalu menanamkan pada diriku sendiri bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan.

Jangan pernah bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Nggak akan pernah sama. Tuhan menciptakan kita semua dengan berbagai keunikan masing-masing. Kaya contohnya nih aku punya kelebihan alhamdulillah aku punya kulit bersih kuning langsat yang memang turunan dari ibuku. Aku rajin merawat tubuh supaya tetap bersih dan enak dipandang. Bagaimana caraku merawat tubuh adalah salah satu wujud dari bersyukurnya aku diberi kulit yang bersih. Kalau kekuranganku aku punya penyakit tipes, yang bisa kapan saja kambuh kalau aku sedang kelelahan karena sibuk beraktivitas. Nahh kalian juga punya kan pasti? Coba deh sekarang tulis di notes hp kalian masing-masing. List dulu kelebihan yang kamu punya. Terus list juga kekurangan kamu.

Apa sih fungsinya? List kelebihanmu itu bisa kamu baca lagi suatu saat kalau kamu sedang merasa insecure. Biar kamu bersyukur, dan sadar kalau kamu berharga. Kamu punya banyak hal yang bisa kamu tonjolkan ke orang lain. Kalau kekuranganmu? List kekuranganmu itu juga bisa kamu baca sebagai pengingat kalau kamu dan kita semua itu hanyalah manusia biasa. Yang pasti punya kekurangan. Yang nggak mungkin sempurna. Karena yang sempurna hanya Allah, pemilih alam semesta. Hiyaaa kesambet apaan ya aku bisa nulis begini hahaha. Tapiii, dengan kamu mencatat apa aja kekurangan kamu, bukan berarti kamu pasrah juga yaa haha. Kalau kekuranganmu bisa diperbaiki, coba deh perbaiki. Misal mager, kurang bisa ngomong di depan banyak orang, kurang bisa ngomong bahasa inggris, dan lain sebagainya. Yuk kita sama-sama memperbaiki kekurangan hehe.

Cuss lah lanjut. Cara kedua yang aku lakukan untuk mengatasi perasaan insecure adalah aku mencoba untuk menjadi the best version of my self. Versi terbaik dari diriku yang bisa aku capai. Misal nih aku sadar aku punya potensi untuk jadi penulis. Karena aku hobi menulis. Yaa kalau nggak bisa jadi penulis terkenal, seengganya aku bisa lah nulis di blog seperti ini. Yang mana goals aku adalah bisa mencari uang lewat blog. Hanya dengan menulis, hobi bisa mendatangkan rezeki. Sungguh bahagia bukan? Haha. Tapi juga nggak menutup kemungkinan aku pengen bikin buku. Tentang perjalanan hidupku mungkin? Entah lah, doakan saja ya guys uhuyy.

Kamu juga bisa tuh begitu. Coba kembangkan salah satu kelebihan atau hobi yang kamu punya supaya bisa maksimal. Serius lho melakukan sesuatu yang kita suka itu sangat menyenangkan. Kalau nggak salah itu definisi passion. Apalagi bisa buat nyari rezeki hahaha. Dengan begitu kamu bisa mengurangi rasa insecure, soalnya kamu punya kelebihan yang belum tentu orang lain juga punya.

Laluuu caraku yang ketiga yaitu aku mencoba untuk mengakui kelebihan orang lain. Mengakui kalau dia cantik, mengakui kalau dia pinter, mengakui kalau dia punya banyak perintilan make up dan segala kelebihan yang orang lain punya. Karena menurut aku dengan begitu aku jadi lebih bisa plong gitu. Kaya apa sih rasanya lega aja. Jadi lebih berbesar hati. Seperti pengalaman aku, yaa semua orang punya masa lalu yang buruk. Aku pun begitu. Dulu aku jerawatan, liat orang kok mukanya pada mulus bener, aku merasa insecure. Tapi terus aku mengakui bahwa dia memang cantik.

Kulitnya bener-bener mulus, bersih, kinclong tanpa “dosa” haha. Nggak salah juga kalau dia banyak yang naksir. Jujur aku pernah iri. Manusiawi lah ya. Apalagi dengan keadaan wajahku lagi jerawatan parah. Lebih membuat aku merasa aku nggak pantas dicintai. Huhu sungguh menyedihkan aku kala itu. Dah lah pokoknya sedih kalo diceritain mah hahaha. Pokoknya gitu deh, jadi sekarang aku tuh lebih bisa untuk mengakui bahwa orang lain punya kelebihan yang nggak aku punya. So, yuk kita sama-sama coba buat berdamai dengan keadaan. Yakin deh tenang banget rasanya. Baca Juga >>> Jerawat Yang Membuatku Hampir Putus Asa

Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

Lanjut lagiii cara yang keempat. Kalian setuju nggak sih kalau cuma kita yang mengontrol pikiran dan hati kita? Menurut aku, mindset itu penting. Banget malah. Pernah nih ya aku berpikir kalau kayanya aku bakal sakit nih soalnya rasanya kok nggak enak badan gitu. Tapi aku cepet-cepet buat buang pikiran negatif itu. Aku mencoba positive thinking kalau yaa paling kecapean habis ngerjain tugas semaleman.

Aku cuma minum vitamin dan langsung istirahat. Alhamdulillah besoknya udah enakan. Itu bener-bener aku rasain guys. Padahal sebelumnya tuh badan rasanya nggak enak banget. Ini juga bisa diterapin kalau kita lagi merasa insecure. Jangan mau dikalahin sama pikiran negatif dari diri sendiri. Yang berujung jadi marah nggak jelas. Buang jauh-jauh pikiran negatif. Keep positive thinking.

So yaa kira-kira begitu lah caraku mengontrol insecure. Biar nggak jadi penyakit hati guys hahaha. Kalian bisa coba ikutin caraku di atas. Atau kalian punya cara lain? coba komen di bawah yaa untuk sharing ke yang lain gimana cara mengatasi perasaan insecure. Okee deh sekian dulu artikel aku kali ini. See you on my next article!
Previous
Next Post »


EmoticonEmoticon