Di Rumah Tapi Kok Masih Jerawatan? Ini Solusinya!


Di Rumah tapi Kok Masih Jerawatan? Ini solusinya!

Di Rumah Aja Tapi Kok Tetep Jerawatan? Ini Dia Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya


ddilady.com - Satu bulan lebih sudah kita berusaha menerapkan physical distancing karena adanya yang kita hadapi sekarang. Gimana rasanya geulies? Mulai nyaman di rumah aja atau malah stress soalnya udah nggak pernah ngemall? hahaha. Aku sendiri kangen banget “cuci mata” di mall. Jalan-jalan aja gitu gapapa, nggak usah beli. Udah seneng banget. Rasanya di rumah kaya terkurung hiks. Tapi memang ini anjuran pemerintah, kita sebagai rakyat baiknya mematuhi aturan ya geulies. Berdoa bareng-bareng yuk semoga semua massalah ini segera usai. Aamiin.

Btw selama di rumah aja, kalian ngerasa nggak sih kok mukanya malah jerawatan? Atau sekadar bruntusan gitu? Atau malah ada yang jadi breakout? Wah parah sih, aku heran sendiri. Beberapa minggu di rumah terus tapi malah jerawatan huhu. Nggak banyak sih tapi kan mengganggu, dan bikin bad mood. Logika aku pribadi, masa di rumah doang malah jerawatan. Kan nggak kena debu, polusi atau make up yang sehari-hari dipakai kalau aktivitas. Biasanya juga pergi kesana kemari, b aja kulit terawat seperti seharusnya. Entah apa yang membuat kulit mukaku jerawatan pas memasuki satu bulan #dirumahaja ini. Baca juga >>> Jerawat Yang Membuatku Hampir Putus Asa

Udah gitu nggak sembuh-sembuh lagi jerawatnya. Huaaaa menangis aku. Mungkin memang ada faktor karena aku menstruasi minggu lalu. Tapi sebelum atau pas mens itu tuh nggak jerawatan, malah jerawatnya baru muncul pas aku udah selesai mens. Ngeselin asli.  Terus aku mulai cari-cari kan faktor penyebab jerawatan, kenapa bisa jerawatan walau di rumah aja. Dari beberapa referensi yang aku baca, ternyata ada beberapa hal buruk yang aku lakukan beberapa minggu terakhir ini. Aku langsung ngebatin “ohh pantesaaan hmm”. Mau tau apa aja hal buruk itu? Jangan ditiru ya geulies, nggak baik soalnya hehe. Check it out!



Types of acne

Faktor Penyebab Jerawat

1. Tidur larut malam atau bahkan menjelang pagi

Siapa yang akhir-akhir ini jam tidurnya berantakan? Cungg! Orang yang awalnya nggak insomnia jadi insomnia dadakan. Seperti aku. Nggak ngerti kenapa, aku tuh sekarang kalau tidur pasti larut malam. Lebih dari jam 12 malam. Padahal sebenernya kurang dari jam 10 aku udah di kasur, tapi baru bisa merem itu malem banget. Tau-tau udah jam 12 lebih aja. Hiks. Dipaksa tidur juga nggak bisa, yang ada malah puyeng kepalaku. Terus ya gitu bangunnya jadi siang. Kena omel deh sama emak hmm.

2. Stress di rumah aja dalam jangka waktu lama

Adanya masalah yang kita hadapi ini berimbas ke semua orang. Nggak cuma Indonesia, bahkan dunia. Banyak yang sembuh, tapi banyak juga korban meninggal karena terinfeksi. Aku pribadi turut berduka cita untuk semua korban. Semakin hari semakin banyak kasus positif yang terdampak. Televisi selalu menyiarkan berita perkembangannya. Sampai sekarang saat aku menulis artikel ini, sudah masuk lebih dari satu bulan sejak pertama kali ditetapkannya physical distancing. Diterapkan pula aturan pemerintah untuk di rumah aja. Jauhi keramaian, nggak usah keluar rumah kalau nggak penting.

Jujur disisi lain awalnya aku merasa seneng akhirnya bisa di rumah terus, nggak sendirian lagi di kosan. Tapi semakin lama di rumah, aku jadi stress. Karena biasanya kalo lagi di rumah tuh aku main sama temen sekolah yang udah jarang ketemu sejak kuliah, atau aku nostalgia ke rumah makan yang aku suka dulu pas belum merantau ke luar kota untuk kuliah. Ya pokoknya main lah ke luar rumah.

Tapi sejak adanya masalah yang terjadi baru-baru ini, kan jadi terbatas pergerakan kita semua. Cuma bisa diem di rumah, yang lama-lama bikin bosen dan akhirnya stress. Hal itu tuh berdampak ternyata sama kulit wajah. Jadi timbul jerawat, kaya jerawat di pipi, jerawat di hidup, jerawat di dagu, bahkan di tempat yang aku tuh sebenernya jarang jerawatan disitu. Apakah kalian juga punya pengalaman yang sama? Share di kolom komen yaa geulies. Baca juga >>> Langkah Mudah Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Basic Skincare

3. Makan mulu nggak kenal waktu

Selama di rumah aja, nggak dipungkiri aku memang lebih banyak makan. Lagi gabut, makan. Lagi seneng, makan. Lagi galau, makan. Nonton tv, makan. Entah makan berat kaya makan nasi atau cuma ngemil cemilan, mulut tuh ngunyah mulu dah haha. Apalagi pas di rumah sering dimasakin telur, yang mana aku sendiri kaya pantangan buat makan telur soalnya bikin jerawatan. Makan gorengan berlebihan. Apa aja dimakan. Padahal itu semua makanan penyebab jerawat. Sampe akhirnya membuat kadar minyak di wajah makin meningkat, jerawatan lah akuuu hmm.

4. Malas skincare-an

Biasanya setiap hari kan aku berangkat kuliah ya, kecuali hari minggu of course. Sebelum berangkat aku siap-siap dan melakukan “ritual” skincare-an lalu make up simple buat ke kampus. Aku selalu semangat buat skincare-an, karena udah suatu keharusan untuk memastikan wajah bersih, ternutrisi dan lembab sebelum pakai make up. Nah pas di rumah aja kaya gini, aku jadi males gitu buat skincare-an.

Kadang nggak pakai sunscreen, nggak cuci muka pas malem sebelum tidur. Parah lah pokoknya. Soalnya aku merasa kulitku baik-baik aja gitu, nggak perlu terlalu dirawat selama di rumah. Nggak kerasa makin hari bukannya kulit jadi bagus karena di rumah aja, nggak kena polusi, kotoran dan make up yang dapat menimbulkan jerawat. Eh malah muncul jerawat donggg. Bener-bener dah nih jerawat suka banget nongkrong di kulitku. Pergi kamu hey jerawat tak diundang huft. Baca juga >>> Cara Membersihkan Make Up dan Skincare serta Review Produknya

5. Menjelang menstruasi

Ini sih suatu kemutlakan yang nggak bisa dihindari. Emang sih ada beberapa perempuan yang kalau menjelang menstruasi wajahnya nggak jerawatan, masih mulus tiada dosa. Tapi bagi perempuan seperti aku yang kulitnya sensitif acne prone, ditambah hormon lagi nggak jelas pas mens hmm kombinasi pas banget buat mensupport jerawat buat muncul di kulit wajahku ini. Mending kalau cuma satu, jerawatku biasanya bawa temen geulies. Cupu dia mah hahaha. Sedihnya lagi nih, baru juga usaha buat nyembuhin jerawat setelah menstruasi. Eh bulan depannya kan pasti menstruasi lagi, tumbuh lah jerawat baru. Nggak kelar-kelar emang urusanku sama jerawat. Nasib deh.

Nahh jadi itu semua hal buruk yang aku lakukan selama di rumah aja yang menjadikan faktor penyebab jerawat. Jangan pernah ditiru ya geulies kalau nggak mau jerawatan hiks. Terus gimana cara aku untuk mengatasi itu semua? Di artikel ini aku sekalian akan membahas penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Nggak usah lama-lama cusss lanjut baca yaa.

Solusi atasi jerawat

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

1. Jangan begadang!

Di point pertama tadi kan aku cerita kalau salah satu alasan aku jerawatan tuh karena begadang, jadi disini aku pengen kasih tau ke kalian buat jangan begadang. Kenapa sih kok nggak boleh begadang? Emang iya bikin jerawatan? Aku begadang selama ini nggak jerawatan tuh. Mulus aja kulit wajahku. Okeokee tenang geulies, beberapa pertanyaan itu sedikit banyak pasti muncul di pikiran kalian. Aku coba jawab semampuku yaa.

Saat kita begadang dan kurang waktu yang cukup buat tidur, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Mungkin kamu nggak terlalu ngerasain sekarang. Tapi serius deh dampaknya nyata. Kulit pun lebih rentan sama bakteri penyebab jerawat. Maka dari itu malah muncul jerawat nggak diundang. Selain bikin jerawatan, begadang juga bisa bikin kantung mata menghitam. Nggak mau kan? Jadi, yuk sama-sama kurangin begadangnya ya geulies.

2. Manajemen stress yang baik

Kalian tahu nggak kalau stress tuh bisa membuat berbagai macam penyakit? Cuma karena stress doang. Hal ini juga sama kaya penyebab timbulnya jerawat. Karena apa? Karena saat kita stress, tubuh akan memproduksi hormon kortisol alias hormon stress lebih banyak. Yang mana memicu peradangan pada tubuh, termasuk juga merusak struktur dan fungsi kulit. Ini yang bikin jerawat dengan senang hati muncul di wajah kita.

Makanya penting banget geulies buat manajemen stress yang baik. Gimana caranya? Kalau aku pribadi dengan cara mengalihkan perhatian ke hal yang aku suka. Misal melakukan hobby menulisku kaya gini, main sosmed, bercanda sama keluarga, dan mengurangi hal-hal yang membuat kita stress. Misal, kurang-kurangin nonton berita tentang masalah yang sedang merebak saat ini kalau sekiranya itu malah bikin kamu stress. Mungkin kalau biasanya nonton berita setiap hari, diubah jadi 2-3 kali sehari aja cukup. Untuk melihat gimana perkembangannya. Pokoknya hindari sesuatu yang membuat kamu stress. Baca juga >>> Perasaan Insecure dan Caraku Mengatasinya

3. Pola hidup sehat

Di saat-saat seperti ini, seharusnya masalah yang terjadi saat ini mengingatkan kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh. Terapkan anjuran pemerintah untuk mencegah agar tidak terinfeksi. Pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak dengan orang lain, cuci tangan pakai sabun, dan lain sebagainya. Termasuk juga kulit wajah. Kita pun harus tetap merawatnya supaya tetap sehat. Gimana tuh? Jangan makan sembarangan, mungkin ada nih karena di rumah aja jadinya makan apapun yang disuka. Itu nggak baik geulies. Harus tetep diatur yaa.

Hindari makanan penyebab jerawat misalnya kurangi makan yang pedes, makan junk food, makan dan minum yang manis, makan gorengan, dan hal-hal lain yang memicu jerawat tumbuh. Boleh kok tetep makan apa aja yang disuka, tapi jangan berlebihan. Imbangi dengan makan sayur dan buah. Dan juga olahraga. Itu lebih baik. Hidup sehat bikin tubuh sehat, sekaligus kulit terawat. Jerawat nggak mau mampir deh. Yeaayy!

4. Tetap merawat kulit dengan skincare secara teratur

Rutinitas skincare an emang kadang bikin jenuh, soalnya gitu-gitu mulu. Nggak munafik kadang aku juga malas skincare an. Mana banyak lagi kan stepnya. Makanya bikin jerawatan seperti yang aku tulis di atas. Tapi manfaat skincare ini sangat baik untuk kulit wajah kita. Dengan tetap dirawat, bisa meminimalisir tumbuhnya jerawat.

Tetap skincare an yaa geulies, urut dan lengkap sesuai kebutuhan kulit kalian. Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Jangan pernah lewatkan juga, harus pakai sunscreen walaupun di rumah aja. Soalnyaaa, cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah lewat jendela. Nggak mau kan kulit wajahnya kena efek buruk sinar UV padahal di rumah aja? Makanya yuk kembali rajin skincare an seperti saat kita aktivitas sehari-hari. Semangaaattt! Baca juga >>> Apa Sunscreen itu penting?

Merawat kulit wajah emang susah-susah gampang. Pakai produk skincare yang klaimnya sesuai sama tipe dan masalah kulit aja kadang nggak cocok. Harus gonta-ganti, sampe akhirnya bukannya kulit makin membaik eh malah makin jerawatan. Breakout deh. Terus insecure. Kudu sabar jadi perempuan mah haha. Okee segitu dulu yaa artikel tentang jerawat kali ini. Semoga bermanfaat. Kalau masih bingung dan ada yang mau ditanyain, boleh banget komen di kolom komen. Nanti pasti aku jawab kok. Ditunggu yaa. See you on my next article!

Previous
Next Post »


EmoticonEmoticon